Tips Memilih Jurnal

Menulis paper dan publikasi di jurnal adalah sebuah keharusan untuk dosen. Bukan buat gagah2an atau ngejer pangkat doang, tapi buat mengembangkan pengetahuan kita. Karena biasanya pas nulis baru ketauan tuh ternyata masih banyak yang kurang tuh dari penelitian kita, atau malah kepikiran ide untuk penelitian lanjutan. Nah milih jurnal juga jangan sembarangan. Baiknya kita milih jurnal yang keren. Karena di jurnal yang bagus biasanya abis kita submit kita bakal dapat banyak masukan dari editor maupun reviewer. Walaupun kadang2 komentarnya rada nyelekit, tapi ya ditelen aja buat perbaikan kita juga. Klo direject santuy aja, gak usah makan ati, perbaikin lagi aja naskahnya dan coba lagi di jurnal lain.

Nah berikut ada beberapa tips untuk nyari jurnal yang keren:

cek scimago

https://www.scimagojr.com/journalrank.php

disini ada ranking jurnal, bisa dilihat juga dia ada di Q berapa, H indexnya berapa, total dokumen, total sitasi dll. Disana bisa difilter juga berdasarkan subject area, subject category, region/negara, dan tipenya misalnya jurnal, buku proceeding dll.

Setelah itu bisa klik jurnalnya nanti bakal keluar berbagai statistik, misalnya dia di Quartile berapa dari tahun ke tahun. Saya biasanya liat, Quartilenya apakah menurun? trus penilain sjrnya, pergerakan jumlah dokumennya pertahun dll.

Cek Scope

setelah itu cek web jurnalnya, ada linknya biasanya di bagian information:

Setelah klik webnya, pertama yang saya liat adalah scopenya, sama paper yang udah terbit, nyambung gak kira2 temanya sama paper saya. Karena klo gak nyambung, pasti langsung direject.

Journal Finder

Tools lain yang bisa dipake ada juga journal finder dari elsevier

https://journalfinder.elsevier.com

Disini masukin judul paper, abstrak, keyword sama field of research. Nanti dia kasi rekomendasi journal mana aja yang cocok dengan paper kita.

Cek web jurnal

Di web jurnalnya saya suka liat prosedur submitnya kayak gimana, trus proses reviewnya seperti apa dan biayanya berapa alias APC (article processing charge)

Setelah itu saya mulai bikin list beberapa jurnal yang jadi target. Saya juga suka nanya teman yang pernah publish di jurnal itu, prosedurnya seperti apa? biayanya berapa? ribet gak ? berapa lama prosesnya dll.

Cek Beal List

Klo udah ada kandidat cek juga jurnal itu masuk di beal list gak? Ini list beberapa jurnal predator. Yang di list biasanya publishernya, bukan nama jurnalnya. Jurnal predator ini jurnal yang gak ngikutin standar akademik dan proses peer review yang baik. Biasanya mereka cuma mentingin bisnisnya aja. Journal2 ini biasanya di blacklist sama kampus, jadi sayang banget klo kita publish disini ternyata kemudian gak diakui kampus. Listnya bisa dilihat pada link berikut:

Oiya cek juga di website PAK dikbut berikut ini ya, jurnal mana aja yang diakui:

https://pak.kemdikbud.go.id/portal/

Sampai disini dulu, semoga bermanfaat!

Beberapa link:

Mencari jurnal Scopus sesuai field dan masih aktif dan tidak discontinued atau cancelled, bisa dilakukan di sini
https://www.scopus.com/sources?

Mencari jurnal di Web of Science bisa dilakukan disini
https://mjl.clarivate.com/search-results

Mencari Q atau Quartile bisa di sini

https://www.scimagojr.com/

Mencari Jurnal SINTA dan ranking nya bisa di sini

https://sinta.ristekbrin.go.id/journals. Tinggal klik S1 maka muncul SINTA 1. Klik S2 Muncul SINTA 2.

Untuk cari berdasarkan topik bisa juga seperti ini:

https://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=malware

Referensi lainnya:

https://abduweb.com/cara-mencari-jurnal-scopus/

https://blog.gamatechno.com/8-situs-terpercaya-untuk-mengakses-jurnal-internasional/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran