Tor -The onion router

Tor (The Onion Router) merupakan aplikasi yang bisa melindungi privasi kita. Tor membuat aktifitas kita di internet menjadi susah untuk dilacak (trace). Awalnya teknologi ini dikembangkan oleh pihak militer Amerika Serikat (US Navy). Pengembangan teknologi ini juga awalnya dimaksudkan untuk penggunaan oleh militer AS. Tujuannya agar komunikasi antar personel militer tidak bisa disadap, bahkan tidak bisa dilacak posisinya.

htw1

Teknologi yang digunakan adalah enkripsi berlapis. Sehingga dinamakan onion (bawang). Terinspirasi dari kulit bawang yang berlapis lapis. Tor melakukan enkripsi data yang dikirim kemudian mengacak jalur pengiriman data melewati beberapa jalur routing yang berbeda. Sehingga bisa saja dua paket yang dikirim secara berurutan, melalui jalur routing yang berbeda.

htw2

Teknologi ini sangat bermanfaat bagi pihak yang tidak ingin identitas maupun posisinya dilacak. Contohnya wartawan yang sedang melakukan penelitian tentang kasus rahasia yang berbahaya, atau pihak LSM yang tidak ingin aktifitasnya bisa dilacak. Sayangnya teknologi ini juga dimanfaatkan oleh para kriminal untuk menghindari pelacakan dari polisi. Contohnya pada jaringan perdagangan barang illegal seperti silk road. Tor memiliki juga browser khusus yang sudah dimodifikasi untuk melakukan enkripsi paket dan pengacakan jalur routing.

Dalam hal privasi, teknologi ini jauh lebih canggih dibandingkan VPN. Informasi lebih lanjut tentang TOR bisa dilihat di web berikut ini. Cara kerja TOR bisa dilihat pada gambar 1-3:

tor
tor 3

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.