Workshop Technical Writing Jictra


Kemaren saya ikut workshop technical writing yang diadakan Jictra – ITB. Jictra itu Journal of ICT Research dan Application. Pembicaranya Sybrand Zijlstra, beliau adalah copyeditor jurnal ITB. Temanya adalah tentang penulisan paper “how to translate indonesian to english, most mistakes made”.

Beliau ini dari Belanda. Karena udah lama bertugas di jurnal ITB jadi dia tau kesalahan apa aja yang sering dilakukan orang Indo kalo nulis paper. Pertama dia cerita writing itu gak gampang, beda banget dengan speaking. Apalagi academic writing juga lebih sulit dibandingkan menulis dokumen lainnya.

Academic writing itu menurut Sybrand:

  1. Formal dan tidak bias
  2. Jelas dan tepat
  3. Fokus dan terstruktur dengan baik
  4. Memiliki referensi yang jelas
  5. Benar dan konsisten.

Academic Writing menurut beliau tidak:

  1. Personal
  2. Panjang lebar, kemana-mana
  3. Terbawa perasaan, dan dibesar-besarkan

Dia kemudian cerita beberapa checklist (daftar) tentang academic writing yang dia rujuk dari web scribbr.com

  1. Menghindari istilah tidak formal dan Contraction. Contraction kayak singkatan contohnya I’m, dont, isnt dll harusnya I am, do not dst. Informal language contohnya result pretty good, tapi tulis adequate dst
  2. Menghindari kata ganti orang kedua (you). Jadi gak kayak kita bicara ke seseorang
  3. Menghindari perkataan dengan perasaan atau bahasa berlebihan. Ceritakan saja hasil percobaan.
  4. Menghindari penggunaan kata-kata atau frase yang berulang. Saran beliau, kita tulis kemudian kita baca lagi dst.
  5. Menghindari penggunaan jargon dan jelaskan istilah bila dibutuhkan. Jargon itu bahasa teknis yang biasa digunakan dalam diskusi dengan kolega. Jelaskan istilah yang digunakan dengan sederhana dan mudah dipahami.
  6. Jelaskan informasi dengan jelas dan akurat. Jelaskan metoda yang digunakan.
  7. Gunakan transisi untuk menunjukan hubungan antara beberapa ide. Bila kita menjelaskan sebuah pendapat, jelaskan secara runut sehingga bisa diikuti pembaca dengan baik.
  8. Bagi kalimat dalam paragraf yang terstruktur dengan baik.
  9. Setiap paragraf sebaiknya fokus pada satu ide, jelaskan dalam sebuah kalimat yang jelas. Biasanya temanya dijelaskan di kalimat pertama.
  10. Setiap bagian dari teks berhubungan dengan tema yang dibahas atau pertanyaan penelitian.
  11. Tampilkan bukti dari hasil penelitian, misalnya data dll.
  12. Gunakan kata kerja dalam waktu yang tepat (tenses) pada setiap bagian. Biasanya paper menceritakan pekerjaan dalam masa lampau. Namun tidak semuanya masa lampau. Misalnya menjelaskan tentang daftar bagian/komponen yang digunakan, bisa pake present tense. Selain itu kalau kita cerita tentang sesuatu yang selalu valid pada setiap waktu, atau rumus dll bisa pake present tense
  13. Konsisten pake salah satu apakah UK english atau US english.
  14. Konsisten pake format angka. Biasanya pake US english. Perbedaannya biasanya di spelling. Format angka pake titik desimal bukan koma desimal. Dan pembagi untuk angka lebih besar dari seribu pake koma. Angka 1-10 ditulis spell out, angka lebih besar pake angka.
  15. Format sitasi harus sesuai dengan style yang sesuai yang diinginkan jurnal, dan konsisten.

Informasi lengkapnya bisa dilihat pada link berikut:

https://www.scribbr.com/academic-writing/

Sampai disini dulu, besok insyaAllah saya lanjutkan catatan dari workshop ini.

Videonya bisa dilihat disini:

Slidenya:

tentang itb jurnal jictra:

http://journal.itb.ac.id/index.php?li=articlesandabstracts&id=183&pre=1

tentang Sybrand zijlstra

https://www.linkedin.com/in/sybrandzijlstra/


Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran