XScreenSaver Update

Minggu ini setiap kali saya menjalankan laptop, selalu muncul pesan peringatan (warning)  XScreenSaver Update. Warningnya berupa pop-up besar dengan tulisan “Warning: This Version is very old! Please Upgrade! Ketika logout atau mematikan komputer juga muncul warning yang sama. Pesan warning ini sangat besar, sehingga cukup mengganggu (baca menyebalkan). Walaupun hanya muncul selama beberapa detik dan kemudian hilang lagi.

XScreenSaver merupakan kumpulan screensaver gratis yang dibuat oleh Jamie Zawinski. Aplikasi ini mulai dibuat pada tahun 1992 dan dapat digunakan pada sistem operasi Unix, Mac OS X dan iOS. Screensaver ini opensource dan gratis. Sehingga beberapa distro Linux memasukkan aplikasi ini dalam paket bawaan.

Hanya saja Debian tidak memasukkan versi terbaru dari aplikasi ini. Versi yang diinstal pada distro debian adalah XScreenSaver versi 5.30 yang dibuat pada tahun 2014. Sementara versi terbaru adalah versi 5.34.  Saya telah mencoba untuk mengupdate debian, tapi ternyata gak ngaruh, tetap saja muncul popup tersebut.

Permasalahannya adalah pada source nya debian yang disediakan adalah versi lama. Jamie sang pembuat aplikasi ini bahkan telah meminta Debian untuk menghapus versi lama ini dari distronya. Penjelasan tentang permasalahan ini bisa dilihat pada blognya jamie pada link berikut:

I would like Debian to stop shipping XScreenSaver

Nah untuk mengatasi permasalahan ini ada beberapa pilihan. Kita bisa menghapus aplikasi ini dengan menggunakan perintah berikut pada terminal (tentunya sebagai root):

apt-get remove xscreensaver

Karena aplikasi ini hanya berfungsi sebagai screen saver, tentunya aman kalo kita hapus.
Atau bisa juga kita menginstall versi terbaru Xscreensaver dari versi unstable nya debian. Caranya bisa dilihat pada link berikut:

https://packages.debian.org/unstable/x11/xscreensaver

Untuk pengguna Ubuntu, cara instalasi dan update xscreensaver bisa dilihat pada link berikut:

http://installion.co.uk/ubuntu/vivid/universe/x/xscreensaver/install/index.html

Untuk menghapus xscreensaver bisa dilihat pada link berikut:

http://installion.co.uk/ubuntu/vivid/universe/x/xscreensaver/uninstall/index.html

Website resmi Xscreensaver bisa dilihat pada link berikut:

https://www.jwz.org/xscreensaver/

Semoga bermanfaat!

 

 

One thought on “XScreenSaver Update”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.