Distro Linux Super Ringan

Sistem Operasi Linux awalnya adalah OS yang super ringan. Lebih ringan daripada Windows. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang mutakhir. Hanya saja beberapa Distro Linux saat ini telah melengkapi OS-nya dengan tampilan grafis yang keren dan manusiawi. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan user pemula yang sudah terbiasa dengan Windows. Namun hal ini membuat  beberapa Distro Linux menjadi berat dan membutuhkan spesifikasi hardware yang baru. Nah untuk pengguna komputer jadul, tentunya masih ada beberapa Distro Linux super ringan yang sering disebut juga Lightweight Linux.

Distro-distro Linux ini sangat bersahabat untuk para pengguna komputer lama karena hanya membutuhkan spesifikasi hardware yang biasa-biasa saja. Contohnya ada distro yang bisa jalan pada prosesor dengan kecepatan 500 MHz dengan RAM 512 MB. Jadi kalo di rumah, anda masih punya komputer atau laptop jadul yang nganggur lebih baik dikaryakan aja dengan distro Linux super ringan ini. Beberapa contoh distro linux ini adalah:

  1. Puppy Linux

Diantara distro super ringan, puppy linux termasuk salah satu yang populer. Distro ini tidak perlu diinstal, bisa dibooting langsung dari CD, DVD maupun USB. Ukurannya sangat kecil sekitar 100 MB. Di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi seperte wordprocessor, spreadsheet, browser, games, image editor dan lain lain. Saya pernah menggunakan Puppy Linux, pengalaman saya dengan puppy linux bisa dilihat disini.

2. Debian

Debian memiliki beberapa versi desktop yang cukup ringan. Misalnya debian Xfce4, MATE, dan LXDE. Saya pernah mencoba pake versi LXDE, sangat ringan. Hanya saja saran saya bila anda pengguna baru Linux, sebaiknya tidak menggunakan versi LXDE. Karena setelah instalasi ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Versi Xfce sedikit lebih mudah dan cukup ringan juga, tampilannya sederhana, seperti Windows jadul. Pengalaman saya menggunakan Debian Xfce bisa dilihat disini

3. MATE

MATE adalah sebuah Desktop Environment baru yang cukup ringan. Ada beberapa distro yang menggunakn desktop ini, diantaranya Ubuntu MATE, Linux Mint Mate dan Debian MATE. Saya baru mencoba menggunakan yang Linux Mint saja. Tampilannya cukup bagus, dan cukup ringan. Diantara Distro super ringan, Linux Minta MATE memiliki tampilan yang paling bagus.

Masih ada beberapa distro ringan lainnya yang belum pernah saya coba seperti LUbuntu, Porteus, Arch Linux, Tiny Core dll. Anda pernah coba?

Semoga Bermanfaat!

How to Build a Lightweight Linux for your Low-End Laptop

http://stevenrosenberg.net/blog/linux/debian/2011_0901_debian_laptop

http://www.linuxgoodies.com/oldlaptop.html

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran