Bagaimana mengetahui backlink blog

Hari ini saya mendapat tugas membuat laporan triwulan Fakultas. Ada banyak poin yang harus dimasukkan dalam laporan ini. Salah satu yang harus dilaporkan adalah keaktifan  blog dosen. Berapa jumlah posting yang dilakukan dosen serta berapa jumlah backlink yang mengarah ke blog tersebut. Jadilah pagi-pagi ini saya sibuk mencari tahu bagaimana mengetahui baclink blog para dosen.

Buat yang masih bingung tentang backlink pada blog, backlink itu adalah sebuah link pada website yang mengarah ke blog anda. Jadi misalnya anda menulis review tentang film batman vs superman di blog anda. Kemudian ada pembaca yang suka tentang tulisan kita tersebut. Saking senangnya dengan tulisan ini, dia kemudian menshare tulisan kita itu di web/blognya dia.  Konon menurut para pakar web, semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita, berarti semakin populer atau semakin penting blog kita.

Bahkan backlinks jadi salah satu faktor yang digunakan mesin pencari seperti Google untuk menentukan PageRank dari website kita. PageRank (ranking) ini yang menentukan alamat web apa yang akan ditampilkan paling atas bila kita memasukkan kata kunci tertentu.

Ok kembali ke topik, karena bingung saya tanya pak Yahdi sebagai juragan blog nya Tel-U.  Beliau cerita tentang cara mengetahui backlink dari blog. Beliau menyarankan beberapa alamat web untuk cari tau tentang backlink. Saya akan coba mereview sedikit tentang beberapa layanan backlink checker ini:

https://majestic.com/

Layanan majestic ini mempunyai dua pilihan fresh index dan historic index. Fresh index berarti backlinks baru sementara historic index berarti seluruh backlinks yang terhubung ke web kita. Majestic dapat menampilkan berapa jumlah backlink pada web kita, hanya untuk mengetahui web apa saja yang memasang backlink kita harus register/subscribe dulu.

backlink majestic

https://ahrefs.com/

Berikutnya ada ahrefs, nah klo layanan ini kita harus register dulu. Ada trial 14 hari, cuman karena saya cari yang gratisan jadi terpaksa di skip

http://www.alexa.com/

Berikutnya adalah alexa. Web ini cukup baik, hanya alexa hanya menampilkan informasi dari domain web. Blog saya alamatnya julismail.staff.telkomuniversity.ac.id yang secara struktur web, merupakan sub- sub domain dari telkomuniversity.ac.id. Jadi yang ditampilkan alexa hanya info dari domain utama yaitu telkomuniversity.ac.id

alexa

http://www.backlinkwatch.com/

Kandidat berikutnya adalah backlinkwatch.com. Cuman setelah saya coba hasilnya menampilkan pesan berikut:

backlinkwatchGak ngerti apa maksudnya.

https://monitorbacklinks.com

Kandidat berikutnya web monitorbacklinks.com. Cuman karena disuruh bayar jadi terpaksa di skip.

linkody.com

Nah kandidat berikutnya linkody, ketika saya masukan alamat blog saya disini, keluar hasil 490 backlinks. Cuman untuk menampilkannya harus register.

seochat.com/

Kandidat berikutnya seochat. Di web ini ditampilkan informasi internal links dan external links. Saya mendapat 5 external links.

http://smallseotools.com/

Nah akhirnya setelah pake layanan smallseotools baru saya puas. Di web ini saya bisa melihat backlink apa saja yang terhubung ke web saya. Layanan ini gratis. Hasilnya seperti dibawah ini:

smallseotools

Semoga Bermanfaat!

One thought on “Bagaimana mengetahui backlink blog”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran