Install Jabref (reference manager) di linux

Untuk mahasiswa yang sedang nulis baik PA/TA/Thesis maupun Disertasi, mengumpulkan literatur atau daftar pustaka menjadi hal yang cukup menyulitkan. Seringkali mahasiswa lupa mencantumkan literatur. Hal ini cukup fatal karena nanti bisa dianggap oleh penugji. Nah  plagiat di kalangan akademis bisa dibandingkan seperti dosa besar (kesalahan yang sangat fatal). Seringkali mahasiswa menemukan bahan bacaan  (buku, website dll) tapi lupa tidak dicatat, sehingga waktu nulis buku kelupaan. Apalagi kalo sumber literatur sudah mencapai puluhan, wah puyeng deh.

Padahal ada banyak alat bantu yang bisa kita gunakan untuk membantu mengelola referensi. Dengan alat bantu, biasanya kita cukup menambahkan sitasi sekali, atau bisa juga copy paste atau import dari web, kemudian nanti tinggal dimasukkan ke aplikasi report kita misalnya microsoft word, LibreOffice atau lyx.Yang paling banyak digunakan ada reference manager. Aplikasi ini sudah jadi standar digunakan oleh para peneliti.Cuman mahal. Nah sebagai pecinta aplikasi open source, pilihan saya adalah pake JabRef. Aplikasi ini berbasis Java, cukup mudah digunakan,dan  menggunakan format Bibtex. Dengan Jabref, mengelola referensi jadi mudah, dia bisa terhubung juga dengan berbagai jurnal seperti IEEE, CiteSeer dll. Jadi bisa donlot sitasi langsung dari web jurnal tersebut. Bisa import bibtex juga. Klo dari google scholar kita tinggal copy paste aja sitasinya.

JabRef-Logo

Instalasi jabref pada linux cukup mudah. Karena hampir semua distro support. Pada Debian kita tinggal menjalankan perintah

apt-get install jabref

Jangan lupa, jabref perlu java, jadi pastikan kita install java terlebih dahulu Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Kalau bingung, ada tutorial bahasa indonesia juga  pada link berikut:

http://jabref.sourceforge.net/help/in/Contents.php

Semoga bermanfaat

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran