Mata Garuda

Materi berikutnya dari acara seminar riset ID-SIRTII adalah presentasi mata garuda. Mata garuda merupakan sistem monitoring jaringan internet di Indonesia. Teknologi yang digunakan adalah snort IDS yang sudah dilengkapi berbagai plugin. Dengan mata garuda bisa dipantau aktifitas keluar masuk jaringan internet di negara kita. Bisa ditampilkan juga insiden keamanan yang terjadi. Bila terjadi insiden, mata garuda bisa mengenali insiden apa yang terjadi. Misalnya Dos Attack, kemudian bisa diidentifikasi serangan berasal dari mana. Yang menarik ada visualisasi serangan pada peta dunia. Misalnya serangan datang dari Brazil, maka akan muncul di peta dunia paket serangan dari Brazil. Mata Garuda dikembangkan oleh ID-SIRTII bekerja sama dengan ITS.

Selain itu ID-SIRTII sedang coba mengembangkan IDS berbasis phython. IDS ini masih dalam pengembangan. Diharapkan nantinya IDS buatan sendiri ini bisa digunakan dalam proses monitoring. Teknologi yang digunakan rencananya menggunakan teknologi pattern matching dengan algoritma Aho-Corasick.  Materi tentang membuat IDS ini bisa dilihat pada link berikut http://idsirtii.or.id/kegiatan/detail/seminar-riset-&-pengembangan-iii-keamanan-jaringan-sistem-&-informasi-/3.html

Patut diapresiasi usaha riset mengembangkan IDS buatan sendiri ini. Selama ini kita banyak hanya menggunakan produk teknologi dari luar negeri. Tanpa berusaha mengembangkan sendiri teknologi buatan kita sendiri. Padahal negara kita memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak. Semoga bisa menginspirasi teman-teman yang lain untuk mengaktifkan lagi riset dan mengembangkan lagi produk-produk kita sendiri. Selain itu teman-teman dari ID-CERT juga sedang coba mengembangkan pendeteksi malware di Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan algoritma coba dirancang sendiri. Mari kita kembangkan produk riset dalam negeri!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran