Pengalaman tes TPA online

Kampus minta saya diminta ikut tes TPA (Tes Potensi Akademik), untuk sebuah syarat administrasi. Cuma karena masih pandemi jadinya saya coba daftar tes TPA online. Ternyata koperasinya bappenas ada nyelenggarain ujian TPA online. Pendaftarannya gampang, berikut ini saya share pengalaman tes tpa online:

Pendaftaran

  1. Buka halaman https://koperasi.bappenas.go.id/jadwal-tpa/
  2. Disana ada banyak jadwal TPA & TOEFL, ada yang online dan ada yang offline. Kalo ada jadwal yang cocok tinggal klik rincian. Nanti akan muncul rincian tentang tes tersebut seperti tanggal ujiannya, batas pendaftarannya dll. Jangan lupa baca bagian deskripsi tes online di link berikut, disana ada penjelasan teknis tentang tes ini. Waktu saya daftar syarat2nya ada laptop yang punya webcam dan mic. Sistem operasinya harus windows, mereka belum support Mac. Ada akses internet, perlu kuota 2 GB, speed 2 MBps, . Punya whatsapp. Punya Cermin, dan papan tulis kecil atau plastik mika yang bisa dihapus untuk corat-coret.
  3. Terus klo udah cocok klik tombol Daftar Jadwal ini di web REI Education Consultant
  4. Di web REI ini tar pilih lagi jadwalnya terus akan diarahkan ke sebuah form
  5. Di Form ini diminta masukin alamat email, upload bukti transfer, foto selfie, identitas kayak nama, nik, alamat, ttl, no whatsapp sama upload scan scan KTP.
  6. Trus cek email tar dapet akun buat login ke sistemnya dan notifikasi pendaftaran telah berhasil.
  7. Waktu itu biayanya sekitar 500 ribu udah sekalian ongkos kirim sertifikatnya.

Persiapan

  1. Menjelang hari ujian saya dapat email dari UUO bappenas tentang petunjuk teknis ujian. Waktu itu saya daftar ujiannya hari sabtu, batas akhir pendaftaran hari rabu, nah hari kamisnya saya dapet email dari UUO bappenas.
  2. Di email itu ada info tentang cara instalasi perangkat. Jadi ujiannya tuh pake SEB (Safe Exam Browser) dan Zoom. SEB ini browser khusus buat ujian, jadi klo dah buka browser ini, kita cuman bisa terhubung ke aplikasi buat ujian, dan gak bisa buka aplikasi lainnya. SEB ini perlu browser firefox. Jadi tar diminta install Firefox dulu, trus unduh file konfigurasi SEB.
  3. Zoom yang dipake juga beda. Jadi walaupun kita udah punya Zoom, tetep musti install zoom dari sana.
  4. Terus ada info tentang Tes TPA, tesnya dibagi 3 kategori, verbal, numerik dan Penalaran. Verbal ada 90 soal dengan waktu 60 menit. Numerik juga 90 soal selama 60 menit. Penalaran 70 soal selama 60 menit.
  5. Ada tautan juga yang berinsi info tentang tutorial penggunakan aplikasinya
  6. Dan satu lagi diminta join ke grup WA khusus peserta dan panitia ujian tes tersebut.
  7. Instalasinya gak ribet sebenernya. Tinggal ngikutin petunjuk yang diberikan. Kalo bingung bisa nanya juga di grup WA.
  8. Kalo instalasinya berhasil kita bisa nyoba ikut simulasi tes. Jadi tar kita bisa nyoba ikut simulasi tes, ada beberapa soal yang diberikan ada timernya juga.
  9. Trus jangan lupa setting cermin. Cermin ini mereka mintanya cermin yang gede, ukuran setengah badan. Cermin ini ditaro dibelakang/atau samping kita. Cermin ini tar harus disetting supaya panitia bisa ngeliat layar laptop kita. Jadi bisa coba buka zoom, terus cerminnya disetting biar bisa keliatan layar laptop kita di cermin tersebut.
  10. Untuk corat-coret gak boleh pake kertas, jadi pilihannya bisa pake whiteboard kecil yang bisa dihapus, atau map mika plastik yang bisa dihapus juga. Tentunya dengan spidol non-permanent.
  11. Trus setting ruangan diminta klo bisa dikamar, yang kita sendirian, alias gak ada orang lain yang bantuin kita.

Hari-H Ujian

  1. Di email saya dapet jadwal ujian jam 7.30. Dan diminta jam 7 udah beres semua instalasi.
  2. Jadi jam 7 saya coba hidupkan aplikasinya dan konek ke zoom. Oiya link zoom dishare di grup WA pas hari H.
  3. Join zoom harus pake no peserta kita
  4. sekitar Jam 7.45-an ada semacam penjelasan dari panitia tentang pelaksanaan tes, setelah itu saya dimasukan ke break room zoom
  5. Masing-masing break room ada 1 pengawas. Sekitar jam 8, di room itu semua peserta diabsen satu2 sama pengawas. Diminta nunjukin ktp juga, oiya kamera harus on terus. Terus setiap peserta diminta ngeliatan kondisi ruangan dan mejanya. Jadi laptopnya diputer 360 derajat, kayaknya buat mastiin gak ada orang lain. Trus meja juga dicek ada contekan apa gak. Cermin juga diminta diatur lagi biar pengawas bisa ngeliat layar laptop kita.
  6. Sekitar jam 8.30 baru mulai ujian.
  7. Ujiannya kan dibagi 3, untuk masuk ke masing2 ujian tuh ada kode yang harus diinputkan ke aplikasi. Kode ini dishare pengawas di zoom.
  8. Walaupun pelaksanaan masing-masing ujian itu 60 menit, tapi klo kita udah beres di satu ujian, bisa langsung pindah ke ujian berikutnya, tinggal minta kode ujiannya ke pengawas.
  9. Klo udah beres semua ujian, musti lapor ke pengawas, trus tar sama dia kita dibalikin lagi ke room utama.
  10. Di room utama tar diminta ngapus semua coret2 yang di whiteboard atau plastik mika. Trus diminta tunjukin whiteboardnya ke panitia. Kalo udah ok bisa leave.

Hasil ujian

  1. Abis ujian, panitianya ngumumin hasil ujian keluar 3 hari kerja setelah ujian, kalo gak ada kecurangan. Saya waktu itu ujiannya Sabtu, hari Rabu berikutnya udah diemail nilai ujiannya.
  2. Scan sertifikatnya dikirim ke email hari berikutnya, hari kamis.
  3. Terus sertifikatnya dikirim ke alamat yang kita daftarin. Waktu itu saya nerima sertifikatnya sekitar seminggu setelah ujian.

Tentang ujiannya, soalnya banyak banget dan susah menurut saya, mana waktunya juga cepet banget. Pas bagian ngitung2 kayaknya saya cuman berhasil ngeberesin setengah dari semua soalnya. Sisanya nembak :) Karena menurut panitia gak ada nilai minus. Yang pas bagian penalaran juga lumayan banyak yg nembak. Intinya saya kurang persiapan untuk ujian TPA kali ini. Paling malamnya cuman sempet nonton bentar video2 TKDA . Soalnya gak jauh beda emang sama TKDA, cuman lebih banyak. Tapi alhamdulillah nilanya mencukupi :) Trus jangan lupa koneksi internet musti stabil, karena koneksi saya sempet agak lemot, trus sempet putus. Untungnya langsung cepet nyambung lagi dan bisa lanjut ujian lagi. Ok sampai disini dulu, semoga bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran