Pengalaman Perpanjang Paspor di kantor Imigrasi Karawang

Kali ini saya akan share pengalaman saya memperpanjang paspor. Nah untuk memperpanjang paspor kita harus dapat nomer antrian dulu. Jadi gak bisa langsung dateng ke kantor imigrasi. Tentang cara mendaftar nomer antrian saya sudah share pada tulisan sebelumnya, bisa dilihat pada link berikut ini.

Sekarang kita bisa perpanjang paspor dimana saja. Tidak harus di kantor imigrasi yang ada di kota kita. Karena kantor imigrasi Bandung antriannya selalu penuh, sementara saya lagi buru2 karena harus segera ngurus visa, jadilah saya daftar antrian di kantor imigrasi Karawang.

  1. Lokasi

Kantor imigrasi Karawang letaknya di Jalan Ahmad Yani 18 Karawang. Kalo dari Bandung, masuk Tol Purbaleunyi ke arah jakarta, sambung ke tol Cikampek, bisa keluar dari pintu tol Karawang Timur, atau Karawang Barat. Kedua pintu tol ini kalo dari arah Bandung lokasinya setelah Rest Area KM 57. Kalo keluar dari Karawang Timur, cari arah ke kota Karawang sekitar 9km, via Jl Tuparev –> Jl Suprapto–> Jl Suprapto –> belok kiri ke Jl.Ahmad Yani.

Kalo keluar dari Karawang Barat: keluar tol ambil arah kota karawang–>Jl Internasional Karawang Barat–> Jl Tarumanegara –> Jl Ahmad Yani.

Setelah masuk ke gerbang kantor imigrasi, akan terlihat 2 Gedung. Gedung yang terlihat langsung dari gerbang adalah untuk pengambilan paspor. Sementara untuk perpanjangan paspor, dilayani di gedung sebelahnya kalo dari pintu gerbang sebelah kanan (depan parkiran motor)

2. Customer Service

 

Kalo sudah masuk gedung, cari bagian customer service. Disini kita harus menunjukan QR Code yang kita dapat dari aplikasi antrian online. QR code ini bisa diprint atau ditunjukan dari HP saja. QR code ini nanti akan discan oleh petugas,  baru kita dapat nomer antrian. Oiya, nomer antrian dibagikan sesuai slot jam yang kita dapet dari aplikasi antrian online.

Jadi misalnya saya waktu daftar di aplikasi antrian dapet slot antrian jam 9-10, maka nomer antrian kita, baru dibagikan oleh bagian informasi pada jam 9. Walaupun anda datang jam 8, yang akan dilayani hanya mereka yang dapat antrian pada slot jam 8-9. Nah untuk nyecan QR code ini, pengalaman saya kemaren orang-orang masih pada gak mau ngantri alias rebutan. Jadi kasian petugasnya yang kelimpungan. Disini kita bakal ditanya petugasnya, bikin baru atau perpanjangan dll. Karena ada beberapa jenis nomer antrian.

Nomer antriannya ada beda2: ada pake kode A, B, C, D dan E. A untuk ke customer Service. Yang Antrian C untuk yang prioritas (ibu hamil, lansia, dll). Kode D untuk bikin paspor baru. E untuk penggantian paspor. Yang B saya kurang tau, sepertinya  untuk penggantian nama mungkin. Kalo dapet slot jam 8, baiknya jam 7.30 sudah hadir, karena biasanya jam 7.30 nomer antriannya sudah mulai dibagikan.

3. Isi Formulir

Pertama kita akan dapat antrian dengan kode A dulu dari petugas Customer service. Disitu kita akan dikasi formulir, surat pernyataan, Map dll. Jadi sebaiknya kita bekel pulpen hitam dan materai dari rumah. Kalo gak bawa, bisa beli di bagian foto copy di dekat gerbang masuk.

Setelah mengisi formulir, nanti akan dipanggil lagi oleh petugas Customer service. Kemudian dokumen2 kita akan diperiksa sudah lengkap atau belum persyaratannya. Kalau sudah lengkap kita akan dikasi nomer antrian lagi dengan kode C, D atau E.  Untuk penggantian paspor, ternyata cuman diminta paspor lama dan E-Ktp (beserta fotocopynya). Kalo paspor baru persyaratannya lebih banyak, ada Akta kelahiran, Kartu keluarga, surat domisili dari rt/rw/kelurahan atau surat keterangan kerja dari perusahaan (beserta foto copy) dll. Tapi ada baiknya siapkan juga dokumen2 tadi siapa tau ditanya petugas, biar gak harus bolak balik.

4. Wawancara

Kemudian kita menunggu dipanggil untuk wawancara. Bagian wawancara ini ada beberapa loket (ada 6 kalau gak salah). Bisa dilihat di Layar TV urutan nomer berapa yang sedang dilayani. Kalau sudah dipanggil nanti kita diminta menunjukan dokumen kita. Terus ditanya beberapa hal, misalnya kerja kita apa, mau kemana, keperluan apa dll. Setelah itu petugas akan melakukan verifikasi dokumen, dan kita diminta nunggu dipanggil lagi.  Kalo sudah dipanggil, petugas akan membacakan ulang nama, alamat dll, kemudian kita langsung diambil foto dan sidik jari di loket tersebut.

5. Pembayaran

Setelah itu kita akan dikasi  form untuk pembayaran. Menurut petugasnya  pembayaran bisa dilakukan di bank mana saja. Selain itu bisa juga dilakukan di mobil Pos keliling yang parkir di halaman kantor Imigrasi Karawang. Saya bayar di Mobil Pos yang ada disana, waktu itu biayanya Rp 355.000,- . Jangan lupa simpan bukti pembayaran ini, untuk pengambilan paspor.

Menurut petugas disana setelah kita bayar, baru paspornya diproses. Lamanya paling lama 3 hari setelah kita bayar katanya. Waktu itu saya bayar hari selasa, menurut petugasnya hari Jumat paspor sudah bisa diambil.

Saya waktu itu dapet slot antrian jam 8-9, alhamdulillah sekitar jam 10 urusan saya sampe pembayaran sudah selesai. Padahal waktu di customer service saya dapet nomer urut A30.  Tapi sepertinya untuk yang dapet slot antrian jam 9-10 bisa lebih lama prosesnya.

6. Pengambilan

3 hari kemudian alias hari Jumat saya datang lagi ke kantor imigrasi Karawang untuk mengambil Paspor. Kali ini saya langsung masuk ke gedung yang ada di depan gerbang. Jadi untuk pengambilan paspor, gedungnya beda dengan tempat kita mengurus perpanjangan paspor. Waktu itu saya disuruh datang agak sore saja. Saya sampai disana sekitar jam 15.30 kemudian tanya petugas loket ternyata tidak pake nomer antrian, tapi cukup menyerahkan bukti pembayaran dan form pengambilan paspor di keranjang yang telah disediakan.

Setelah itu menunggu dipanggil. Kalau sudah dipanggil, petugas akan menyerahkan paspor baru, kemudian saya diminta fotocopy dulu paspor 2x untuk arsip mereka. Tempat fotocopy ada di depan gedung tadi. Jangan lupa cek lagi nama alamat dll yang ada di paspor.

Secara keseluruhan pelayanan di kantor imigrasi Karawang ini sudah bagus. Ruang tunggunya juga bagus, ada ruang baca, ada tempat browsing internet gratis, ada tempat ngecas HP, ada tempat bermain anak dan mushola. Info lebih lanjut bisa dilihat di web kantor imigrasi karawang:

Home Page

 

Semoga Bermanfaat!

 

One thought on “Pengalaman Perpanjang Paspor di kantor Imigrasi Karawang”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran