Kuliah tentang Symmetric Key Cryptography

Setelah memberi kuliah tentang Malware, hari berikutnya saya memberikan materi kuliah tentang Symmetric Key Cryptography. Materi ini bagian dari kuliah Information and Communications untuk mahasiswa University Autonoma Barcelona (UAB) tingkat 2. Cuman karena pesertanya banyak, pelaksanaannya dibagi dalam 3 kelas yang dilaksanakan secara paralel. Jadi dalam 1 hari itu saya mengajar 3 kelas yang berbeda. 2 kelas didampingi Prof Cristina Fernandez   , dan 1 kelas lagi bersama dengan Prof Joseph Rifa. Setiap kelas ada 100 mahasiswa.

Materi kuliah ini saya bagi 5:

  • Introduction
  • AES
  • Attack in Symmetric Cryptography
  • Cryptography in Malware
  • Discussion

AES

Pada bagian AES saya bercerita tentang algoritma Advanced Encryption Standard. Algoritma ini merupakan salah satu algoritma standar yang masih banyak digunakan. Saya cerita tentang sejaranya, cara kerja algoritma ini dll. Saya menampilkan juga sebuah video tentang cara kerja algoritma ini. Materi tentang AES ini sebenarnya rikues dari Cristina.

Bagian berikutnya saya cerita tentang bagaimana keamanan dari cryptography. Pada bagian ini saya bercerita tentang berbagai serangan yang dapat dilakukan untuk membongkar pesan rahasia. Diantaranya teknik bruteforce attack, Cryptanalyst, Side Channel Attack, serta tentang kelemahan pada pertukaran kunci. Tentang pertukaran kunci ini saya memberi contoh tentang celah keamanan pada SS7 pada whatsapp.

Malware

Pada bagian berikutnya saya bercerita tentang penyalahgunaan teknik cryptography pada malware. Misalnya teknik cryptography digunakan untuk mengenkrip source code malware, sehinggga menyulitkan proses analisa malware. Kemudian teknik cryptography digunakan juga untuk mengenkrip komunikasi antara malware dengan server C&C (command & control).

Kemudian tentang ransomware. Disini saya bahas berbagai macam teknik yang digunakan ransomware untuk mengenkrip data. Pada bagian ini saya tampilkan video tentang ransomware petya. Pada sesi diskusi ada banyak pertanyaan dari siswa, ada yang nanya tentang ransomware, ada yang nanya tentang bruteforce attack dll.

Setelah kuliah, Prof Joseph cerita ternyata dia pernah datang ke Bali dan Jakarta. Dalam rangka conference. Jadilah beliau bernostalgia tentang Indonesia.

Semoga bermanfaat!

Slide presentasi saya pada kuliah ini bisa dilihat di bawah ini:

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.